Pages

Rabu, 25 November 2009

MUDIK TAHUNAN


MUDIK TAHUNAN


Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga minta maaf dengan orang tua.Sepertinya Tradisi mudik hanya ada di Indonesia.
Jakarta Menjelang hari raya Idul Fitri, banyak keluarga yang melakukan mudik ke kampung halamannya masing-masing. Stasiun, Bandara dan Pelabuhan pun selalu dipenuhi dengan para pemudik yang ingin merayakan hari kemenangan bersama keluarga mereka dikampung halamannya masing-masing.
Tradisi mudik ini biasanya tidak lupa dengan pembagian uang THR (tunjangan akhir tahun) atau ampau, ini lah tradisi yang paling ditunggu- tunggu oleh anak-anak kecil,ya walaupun tidak banyak tapi selalu senang apabila dikasih THR tersebut.
Selain pembagian THR tidak lupa antar mengantar kue lebaran atau makan ketupat dan opor ayam di setiap lebaran pasti banyak orang-orang yang memiliki tradisi yang sama.
Menjelang hari raya tak sedikit pun orang tua yang belanja –belanja untuk kebutuhan dihari raya mulai dari baju baru, kue-kue, oleh-oleh untuk keluarga dikampung.


Kota Jakarta yang biasanya penuh, padat dan ramai menjadi sunyi dan tidak banyak orang, jalan-jalanan yang biasanya macet menjadi lancar.
Tidak banyak asap kendaraan yang memenuhi awan di kota Jakarta. Seakan-akan Jakarta menjadi mati karena banyaknya orang yang mudik. Kalau Jakarta seperti ini mungkin enak juga ya?
Toko- toko yang biasanya buka hampir sebagian toko tutup menjelang hari raya.
Tidak lupa setiap menjelang hari raya besar keagamaan tidak luput semua naik. mulai dari bahan- bahan pokok yang menjadi kebutuhan drastis naik, pakaian, kue-kue dll. ini mengakibatkan semakin sulit untuk rakyat golongan kebawah merayakan idul fitri yang layak atau mewah.
Dibulan ramadhan biasanya pengemis menjadi semakin banyak karena dengan adanya bulan ramadhan banyak orang-orang yang menyumbangkan hartanya.

Tradisi mudik tidak hanya membawa kegembiraan, Tak jarang masalah timbul saat sedang mudik.Hal yang sering timbul adalah kurangnya persiapan pemudik untuk menghadapi Idul Fitri.
Mudik yang tidak mempersiapakan diri dengan baik biasanya selalu terjadi masalah dijalan.
Mudik tidak hanya membawa kegembiraan, tak luput terdapat tangis dan darah akibat menelan banyak korban. Mudik tahun ini saja tahun 2009 sekitar 500 orang lebih menjadi korban, tahun ini banyak orang mudik yang menggunakan sepeda motor, resiko mudik menggunakan motor terlalu beresiko apalagi jarak yang ditempuh jauh.
Tol – tol dan jalan-jalan keluar kota sangat padat sekali, ditambah mudik biasanya menjelang hari H para pemudik semakin banyak sehingga banyak yang lelah akibat terlalu ramai.
Contohnya orang-orang yang mudik menggunakan kereta tidak dapat tiket dan beberapa orang nekat duduk didepan toilet akibat tidak tersedianya bangku kosong,
Di bandara harga tiket menjelang hari H biasanya naik drastis, membuat orang-orang yang dikalangan menengah berfikir ulang untuk membelinya atau pulang kampung.

Walaupun mudik beresiko dan membutuhkan banyak biaya , tetap saja mudik menjadi tradisi yang melekat di Indonesia setiap tahunnya, sehingga tradisi mudik akan terus berjalan ditahun-tahun berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar