Pages

Sabtu, 15 Mei 2010

bab 4 dan revisi bab 1

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar belakang

Pembelajaran dengan metode membaca buku terkadang membuat siswa bosan. Hal itu disebabkan penyampaian yang kurang menarik dan cenderung membosankan, sehingga membuat siswa menjadi mudah lupa dengan apa yang dipelajarinya, terutama pelajaran yang bersifat teoritis.
Dalam pelajaran kebudayaan Indonesia pastinya banyak materi yang harus dibaca, anak-anak sekarang ini minat membaca sangat kurang sehingga dalam pelajaran ini siswa cenderung malas mempelajarinya.
Dalam pelajaran kebudayaan Indonesia terkadang kurangnya gambar rumah adat, pakaian adat, senjata adat, alat music dan lagu-lagu kebudayaan yang hanya ditulis syairnya tanpa ada lagu yang bisa didengarkan.
Indonesia yang mempunyai kebudaayaan yang beranekaragam membuat siswa-siswi tidak mengetahui semua kebudayaan Indonesia yang begitu menarik untuk dipelajari karena kurangnya juga pembelajaran tentang kebudayaan Indonesia. Disekolah yang paling difokuskan adalah pelajaran yang bersifat menghitung yang akan di ujikan Negara. Padahal pelajaran kebudayaan Indonesia juga penting agar anak-anak bangsa dapat mengenal, melestarikan dan menjaga kebudayaan Indonesia.

1.2. Batasan Masalah

Dari masalah-masalah yang dialami siswa dalam mempelajari pengenalan kebudayaan Indonesia dibatasi pada pengenalan rumah adat yang memberikan informasi tentang rumah adat itu sendiri, gambar pakaian adat dan gambar senjata adat beserta nama senjata tersebut.
Hanya satu lagu daerah dari setiap provinsi yang ditampilkan.
Penelitian ini tidak memberikan informasi yang secara mendetail tentang senjata dan pakaian adat tersebut. dan tidak menampilkan syair lagu dari setiap provinsi.



1.3. Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ini adalah membuat aplikasi pengenalan rumah adat dan pakaian adat Indonesia agar anak-anak yang menggunakan aplikasi ini bisa mengenal macam-macam kebudayaan dan dapat mempelajari kebudayaan tersebut lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan metode membaca buku.

1.4. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini menggunakan metode studi pustaka, dengan membaca dan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan kebudayaan Indonesia terutama tentang pakaian adat, rumah adat, senjata adat.
Selain itu informasi juga diperoleh dari browsing di internet. Serta diskusi dengan teman-teman dan dosen pembimbing.

1.5. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan merupakan pembahasan yang bertujuan memberikan laporan secara jelas dan sistematis.
Penulis membagi penulisan ilmiah ini menjadi empat bab terdiri dari :

BAB 1. PENDAHULUAN
Dalam bab ini terdapat gambaran umum tentang permasalahan yang akan dibahas seperti latar belakang penulisan, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.

BAB 2. LANDASAN TEORI
Menjelaskan tentang teori-teori yang mendukung atau berhubungan dengan penulisan ilmiah ini.


BAB 3. PEMBAHASAN
Pada bab ini berisi mengenai tahapan pembuatan aplikasi animasi, mulai dari struktur navigasi, rancangan tampilan atau storyboard data, tahap-tahap penyusunan dari awal sampai akhir, aplikasi suara dan objek serta implementasikan action script yang digunakan.

BAB 4. PENUTUP
Pada bab ini berisi kesimpulan dari keseluruhan penulisan, saran-saran dan harapan yang ditunjukan kepada pembaca.

































BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Dengan dibuatnya aplikasi pengenalan rumah adat dan pakaian adat ini, memudahkan siswa mengenal kebudayaan di Indonesia dan lebih cepat mempelajari kebudayaan Indonesia. dalam aplikasi ini menampilkan rumah adat, pakaian adat, senjata adat, dan lagu daerah. Informasi yang ditampilkan singkat tentang rumah adat tersebut. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tampilan yang menarik dibandingkan dengan media buku, kerena penyajian aplikasi ini dibuat dengan animasi sehingga dapat menarik perhatian penggunanya khususnya anak SD kelas 4-6. Selain itu, setiap halaman provinsi sudah dilengkapi dengan lagu daerah masing-masing provinsi, serta mudah digunakan karena hanya menggunakan mouse untuk menjalankan aplikasi ini.

4.2 Saran

Didalam program aplikasi ini memiliki kekurangan, dalam hal informasi yang ditampilkan tidak terlalu mendetail, maka dari itu penulis menyarankan informasi dibuat lebih lengkap, animasi yang dibuat lebih bervariasi, suara pendukung yang lebih fleksibel. Selain itu penulis menyarankan kepada siswa agar menggunakan aplikasi ini untuk mengenal kebudayaan Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar