Pages

Senin, 04 Januari 2010

1. Metaphor (Metafora)
Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harfiah.Menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan. Pada tampilan Home terdapat animasi gambar dan informasi-informasi yang dapat diperoleh dengan mudah oleh para komsumen yang ingin mengetahui informasi secara detail Bank Indonesia. Seperti pada gambar1 dibawah ini:






2. Clarity (Kejelasan)
Harus ada alasan yang kuat/masuk akal mengapa kita menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik.
White Space:
- Berperan penting bagi mata.
- Menyediakan simetris dan keseimbangan melalui penggunaannya.
- Memperkuat dampak pesan.
- Membiarkan mata beristirahat dari setiap kegiatan elemen.
- Digunakan untuk mengembangkan kesederhanaan, keanggunan,
kemewahan, dan kemurnian.





Dalam web Bank Indonesia terdapat sifat clarity diantaranya (lihat gambar2):
1. Terdapat menu-menu yang ada dalam tampilan home tersebut dengan mempunyai banyak sub-sub yang dimilikinya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Juga terdapat menu yang mempermudah mengetahui informasi tersebut melalui tampilan home dengan menu, seperti info terbaru, siaran pers dan agenda yang dapat langsung digunakan.
2. Dalam unsur visualnya, web ini menampilkan visual yang cukup menarik dengan menampilkan gambar-gambar budaya Indonesia.
3. Kemudian terdapat tampilan kurs yang mungkin dapat bermanfaat bagi konsumen.
4. Adanya struktur organisasi Bank Indonesia yang terdapat didalam menu-menu pada tampilan home tersebut.
5. Terdapat peta situs yang berupa kolom-kolom atau tabel yang merupakan isi dari menu-menu pada web tersebut secara rinci dan jelas.

3. Consistency (Ketetapan)
Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography, teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.
Contoh:











Pada web ini terdapat consitensy (ketetapan) yaitu :
 Consistensy atau ketetapan pada web ini bagus, namun hanya berganti beberapa gambar pada top framenya, sehingga untuk meliahat web ini lebih bervariasi.
 Ketetapan yang lain juga, setiap membuka halaman pada framenya juga memiliki frame yang sama.
 Dari segi penggunaan tulisan atau teks, pada web ini selalu menggunakan tulisan yang sama sehingga bentuknya pun sama dan menggunakan justify pada teks tesebut.
 Disis lain penulisan pada web ini selalu tetap dan tidak menggunakan tulisan berjalan atau pun iklan untuk menarik perhatian konsumen, sehingga konsumen yang ingin meliahat hanya berupa tulisan-tulisan saja dan tidak dilengkapi oleh gambar.
 Gambar juga hanya pada top framenya dan tidak ada gambar lain untuk memperindah web tersebut.
 Namun pada web ini terdapat icon yang digunakan untuk mencetak dokumen yang diinginkan oleh konsumen dan bila ingin mengirimkan email melalui web ini, seperti:
4. Alignment (Perataan)
Pada dasarnya alignment digunakan untuk menguraikan tampilan agar lebih mudah dilihat yang terbagi atas beberapa grid. Web Bank Indonesia menggunakan grid atau bentuk frame sebagai berikut:



Dalam web Bank Indonesia dalam penulisannya cenderung menggunakan perataan kanan kiri(justify) sehingga terlihat penuh dalam penulisannya. Grid atau frame yang digunakan pada halaman awal terbagi lebih dari satu frame sehingga juga terlihat penuh, namun pada halaman berikutnya menggunakan dua frame tetapi dalam bentuk frame tersebut sangat digunakan semaksimal mungkin dengan menampilkan tampilan yang menarik sehingga user atau para konsumen tetap tertarik untuk terus melihat-lihat tampilan berikutnya.

5. Proximity
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama. Karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antar item-item tersebut. Pada web Bank Indonesia item yang berhubungan dijadikan menjadi satu bagian.


Dalam web ini delengkapi dengan proximity yang terdapat didalam web tersebut sehingga konsumen atau user dapat mencari informasi, memberikan pertanyaan, saran, komentar melalui kontak Bank Indonesia tersebut.

6. Contrast (Keserasian Tampilan)
Yaitu berfungsi untuk membuat konsumen tertarik, memandu mata user melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item atau mengatur yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight.
Dalam web Bank Indonesia ini tampilan homenya begitu sederhana dengan latar atau background menggunakan warna putih sehingga tampilannya sesuai dengan warna tulisan yang menjadi informasi bagi para konsumen.
Namun pada halaman berikutnya web ini tetap menggunakan warna background yang sama tetapi dengan menambah gambar yang berubah-ubah setiap halamannya. Web ini menggunakan warna-warna yang sesuai dan serasi dengan logo yang dimiliki oleh Bank Indonesia, jadi adanya keterkaitan yang cukup untuk menarik para konsumen mencari tahu informasi tentang Bank Indonesia melalui web ini.

0 komentar:

Posting Komentar