Pages

Senin, 04 Januari 2010

Keselamatan penerbangan dimusim hujan

Dalam operasi penerbangan pada umumnya penyebab utama keterlambatan pemberangkatan dan kedatangan pesawat adalah system pengolahan yang buruk. Penyebab utama lain adalah lalu lintas udara yang padat dibandara yang sibuk sehingga pesawat yang akan mendarat atau tinggal landas harus antre menunggu giliran satu persatu. Bandingkan dengan kedua penyebab utama itu, hujan dan kondisi cuaca yang ekstrem justru merupakan penyebab keterlambatan yang paling jarang.

Perlu pula diketahui bahwa berdasarkan penelitian, hujan biasanya bukan merupakan penyebab dari kecelakaan penerbangan, melainkan kaitan penyebab. Hujan “ hanya” menimbulkan ketidaknyamanan selama dan sebelum penerbangan, seperti kondisi cuaca bergolak yang mengakibatkan guncangan atau keterlambatan keberangkatan dan kedatangan yang menjengkelkan.

Sekalipun demikian, hujan memang mempunyai dampak terhadap operasi penerbangan, terutama dalam kaitan nya dengan keselamatan penerbangan. Beberapa hal yang diperhitungkan dalam keselamatan penerbangan dikala hujan adalah jarak pandang penerbangan, perubahan mendadak arah dan kecepatan angin (windshear), petir, awan yang butir-butir uap airnya telah menjadi es dan lain-lain.

Ada kalanya penumpang merasa jengkel karena cuaca dibandara pemberangkatan tampak cerah. Akan tetapi, penumpang diberi tahu bahwa penerbangan ditunda keberangkatannya berhubungan kondisi cuaca dibandara tujuan tidak memenuhi standar operasi keselamatan penerbangan untuk pendaratan. Banyak hal yang tidak diketahui penumpang dalam kaitan keselamatan pendaratan pada waktu hujan . sering jarak pandang menjadi masalah utama , jangan lupa, beberapa bandara juga terendam atau tergenang air bila diguyur hujan lebat. Hal-hal seperti ini sering tidak diketahui penumpang.

Dalam penerbangannya sendiri,hujan,badai, dan medan halilintar pada rute penerbangan sering mengakinatkan penerbangan terpaksa membelokkan pesawat untuk menghindari.

Hal-hal tersebut diatas tentu saja membuat penumpang tidak nyaman. Akan tetapi apa boleh buat ?? kondisi cuaca adalah salah satu cara Tuhan menunjukan kehadirat-Nya.

0 komentar:

Posting Komentar