Senin, 19 April 2010

ASAL USUL BETAWI….

Neh buat orang betawi tau kaga loe asal usul nya nama dan makna betawi. Lah kapan malu orang betawi tapi kaga tau asal usul nama betawi.
ya udah nyok kita bahas.

BETAWI berasal dari Batavia sebagai nama kota Jakarta yang didirikan oleh Gubernur J.Pieterzoon Coen. Batavia berasal dari nama siku bangsa Belanda zaman purba. Sebelumnya lagi bernama Sunda Kelapa. Jayakarta didirikan tanggal 22 juni 1527. Pendiri Jayakarta adalah Fatahillah. Fatahillah utusan kesultanan Demak. Ia diperintahkan untuk menaklukkan Sunda Kelapa. Jayakarta ditaklukan oleh J.Pieterzoon Coen tahun 1619 setelah menghancurkan keraton, J.Pieterzoon Coen mendirikan kota baru yang dikelilingi benteng. Kota baru bernama Batavia. Kota Batavia luasnya 2,25 X 1,5 km2 letaknya dimuara kali Ciliwung.

Kota Batavia sangat terkenal, banyak orang yang senang mengaku sebagai orang Batavia. Penduduknya beraneka suku bangsa. Orang Batavia dalam bahasa Belanda disebut Batavianen.
Sejak abad ke-18 orang Batavia banyak yang pergi kekota suci Mekkah. Mereka menjalankan ibadah haji. Setelah ibadah haji ada yang pulang dan ada yang bermukim menggunakan Al Batavia sebagai nama keluarga. Menjadi kebiasaan pemukim dari nusantara di Mekkah menjadikan kota asalnya sebagai nama keluarga. Syekh Abdul Somad Al Falimbani dari Palembang. Syekh Arsayad Al banjari dari Banjar. Syekh Basuni Imran Al Sambasi dari Sambas.
Pada awal abad ke-19 seorang ulama betawi bernama Syekh Junaid bermukim di Mekkah, ia memakai nama Syekh Junaid Al Batawi. Ia amat termasyur karena dipercaya menjadi imam masjid Al Haram di Mekkah, ia juga mengajar agama Islam di serambi Mekkah. Murid-muridnya banyak sekali ada yang berasal dari nusantara dan ada dari Negara lain. Syekh Junaid mempunyai 2 orang putrid dan 2 orang putra. Putri yang satu menikah dengan Abdullah Al Misri, ulama asal Mesir. Dan putrid yang satu lagi menikah dengan Imam Mujtaba, ulama asal Betawi.
Abdullah Al Misri menetap di Batavia sedangkan Imam Mujtaba bermukim di mekkah. Imam mujbata dan kedua putra Syekh Junaid yaitu as’ad dan Arsyad menjadi pelanjut Syekh Junaid. Syekh Junaid wafat di mekkah pada akhir abad ke -19.
Nama betawi menjadi amat termasyur di Mekkah. Kemasyuran itu diceritakan oleh mereka yang kembali dan menunaikan ibadah haji. Maka sejak ke-19 itulah penduduk asli Batavia menggunakan nama Betawi sebagai nama suku bangsa.

nah ntu diye ceritanya n maknenye BETAWI..NAH inget-inget ye sejarahnya..biar ditanya tau dah kenpe Betawi:)

4 komentar:

kumpulan pengetahuan mengatakan...

subhanallah betawi pan keturunan pare ulame semue yeh... cakep cakepp dahhhhh...

Anonim mengatakan...

Jadi betawi dibentuk oleh belanda ya,g asli....sebelum belanda datang ke indonesia berarti suku betawi blom ada

Nathalie Rahel mengatakan...

suku Betawi adalah perpaduan dari segala suku di Indonesia. singkatnya suku Betawi adalah kaum mayoritas alias perpaduan dari segala macam suku :)

Anonim mengatakan...

ngaco ah...

Poskan Komentar