Pages

Senin, 19 April 2010

SEBAIKNYA ANDA TAHU....!!!

SEBAIKNYA ANDA TAHU....!!!

Manfaat makanan berserat :
Makanan adalah suatu hal yang sangat penting sekali bagi kelangsungan hidup manusia. Salah satu zat yang sangat diperlukan tubuh manusia adalah Serat. Apa sih serat itu???

Serat adalah suatu komponen dalam makanan yang keberadaannya tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan manusia. Kekurangan Serat dapat menimbulkan berbagai penyakit yang cukup membahayakan kesehatan.
Manfaat Serat bagi kesehatan adalah :

1.Mencegah jantung koroner, hal ini dimungkinkan kerena serat dalam tubuh akan mengikat kolesterol, dikeluarkan bersama kotoran. Hal ini menyebabkan kadar kolesterol turun dalam darah, sehingga penyakit jantung koroner sangat kecil kemungkinannya.

2.Mencegah terjadinya kanker usus besar. Serat dalam usus besar akan mengikat asam empedu dan dikeluarkan bersama kotoran. Proses ini menyebabkan kontak antara usus besar dengan asam empedu makin kecil, hal ini dapat mengurangi terjadinya kanker usus.

3.Mencegah kegemukan, serat menyerap kalori tubuh lalu dibuang bersama kotoran. Terserapnya sebagian kotoran menyebabkan jumlah kalori yang ada dalam tubuh menjadi menurun sehingga tubuh kekurangan kalori. Tubuh yang kekurangan kalori jadi kurus.

4.Melancarkan buang air besar, hal ini disebabkan serat dapat menarik air dalam pencernaan, sehingga kotoran menjadi lunak dan mudah dikeluarkan.

Makanan berserat banyak terdapat dalam biji-biji an seperti jagung, kentang, nnasi, gandum, dalam sejenis sayur-sayuran seperti buncis, wortol, brokolo, kol dan dalam buah-buah jeruk, apel, pear, alpukat dll.

Kalau ingin selalu tetap sehat, sudah selayaknya kita memperhatikan makanan kita sehari-hari , walaupun sekarang sudah banyak makanan suplemen berserat yang terjual, akan tetapi makanan yang bersifat alami itu lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar