Pages

Selasa, 20 April 2010

POLA HIDUP SEHAT

Hidup sehat merupakaan dambaan setiap manusia. Untuk mencapai hidup sehat diperlukan pola hidup sehat, yakni cara hidup yang dapat mengatur keseimbangan antara jasmani dan rohani. Untuk menjalankan pola hidup sehat kita harus dapat:
1. Memilih jenis-jenis makanan sehat.
2. Menjaga kebersihan tempat tidur dan
3. Menjaga keberhasilan badan

Setiap makhluk hidup seperti manusia memerlukan makan. Dengan makan manusia dapat melangsungkan kehidupannya. Ada perbedaan mencolok antara manusia dengan makhluk hidup lain, binatang misalnya. Kalau manusia maka demi untuk kelangsungan hidupnya, tetapi hewan justru hidup untuk makan.
Dari perbedaan ini dapat diartikan bahwa karena manusia makan demi untuk kelangsungan hidup, maka dalam rentang hidup manusia ada hal ini yang menjadi tugas manusia sebagai makhluk hidup. Hal lain itu seperti bekerja, beribadah, berorganisasi berhubungan dengan manusia lain dan sebagainya yang menjadi fitrah manusia.

Kerena manusia harus melakukan aktivitas lain semasa hidup, maka makan bukanlah satu-satunya prioritas hidup manusia. Makan hanya menjadi bagian dari pola hidup manusia.
Manusia yang suka menjaga kesehatan umumnya memiliki pola makan sehat. Dia tidak sembarang makan makanan. Ada orang yang tidak memakan jenis makanan tertentu demi untuk menjaga kesehatannya. Dia selalu memilih jenis makanana sehat yakni makanan yang mengandung kalori, karbohidrat, protein , mineral, vitamin dan sejenisnya.

Jenis makanan yang sering kita makan sehari-hari biasanya berupa jenis makanan pokok seperti beras(nasi), singkong, ubi, jagung, dan sejenisnya yang mengandung banyak karbohidrat serta lauk pauk berupa daging, ikan, tempe, telur, sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan dan ditambah susu.
Bentuk pola hidup sehat yang kedua adalah menjaga kebersihan tempat tidur. Mengapa menjaga kebersihan tempat tidur menjadi salah satu bagian dari pola hidup sehat?

Sebagaiman diketahui bahwa istirahat yang baik adalah tidur. Dengan tidur sebagian organ-organ tubuh beristirahat dari aktivitas. Oleh kareba itu setelah bangun tidur kita merasakan tubuh menjadi segar. Itu artinya organ-organ tubuh kita siap bekerja lagi.
Menjaga kebersihan tempat tidur merupakan salah satu cara memelihara kesehatan tubuh karena tempat tidur merupakan tempat istirahat. Tempat tidur yang tidak bersih dapat mendatangkan penyakit. Sangat dianjurkan apabila kita hendak tidur agar membersihkan anggota tubuh seperti kaki, tangan , mulut dan lain-lain.

Memang selama kita tidur ada sebagian anggota tubuh beristirahat dan ada juga yang bekerja. Selama kita tidur, kita tidak mengetahui persis apa yang dilakukan tanga.mulut, dan kaki. Mungkin sangat tangan menggaruk –garuk bagian tertentu tubuh kita. Lalu secara tak sadar mulut kita menghisap tangan tangan kita tadi. Kamu tentu dapat membayang apa yang akan terjadi pada tubuh kitta selanjutnya.

Bentuk pola hidup sehat ketiga adalah menjaga kebersihan badan. Menjaga kebersihan badan merupakan hal penting yang harus dilakukan bila kita menginginkan tubuh sehat. Adapun hal-hal yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat antara lain: mandi secara teratur dua kali sehari, pagi-sore dengan menggunakan sabun, menggunakan air yang bersih, dan peralatan mandi sendiri.

Hal lain yang terkait dengan kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan disini adalah lingkungan yang melekat dengan diri sendiri, seperti kebersihan kuk,hidung, dan sebgainya maupun lingkungan berada diluar diri kita seperti kebersihan rumah, halaman, tempat kita bermain, dan lain-lain.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hmm.. bener juga ya hidup sehat itu sangat penting, thank you ya trisma

salam blogger
Belajar SEO

Posting Komentar