Pages

Selasa, 20 April 2010

Mari mengenal presiden pertama yuk….!!!

Ir soekarno atau bung karno adalah seorang presiden dengan gaya pidato yang khas dalam menggelorakan semanggat bangsanya. Ia sanggup berpidato berjam-jam tanpa teks sambil berdiri. Dalam surat wasiatnya, bung hatta menyebut bung karno sebgai penggali Pancasila.
Bung karno lahir pada tanggal 6 juni 1901 diSurabaya. Mula-mula is belajar di ELS (SD Belanda), HBS 6 tahun ?(sekarang SMA) dan selanjutnya meneruskan ke THS(Sekolah Tinggi Tehnik atau sekarang ITB) di Bandung. Semenjak bersekolah di HBS Surabaya Bung Karno telah terlibat dalam gerakan nasional.

Pada tahun 1927 Bung Karno mendirikan Partai Nasional Indonesia(PNI) bersama Mr. Iskaq Tjokrohadisurjo.dr.Cipto Mangkupraja, Maskum dan Supriadinata ditangkap oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1931 dibebaskan kembali. Pada tahun 1933 Bung Karno ditangkap lagi dan dibuang ke Ende(Flores). Kemudian ia dipindahkan ke Bengkulu dan pada tahun 1942 dibebaskan oleh tentara Jepang.

Selama pendudukan Jepang, Bung Karno memimpin Pusat Tenaga Rakyat(Putera) bersama Bung Hatta, Ki Hajar Dewantara dan K.H Mas Masyur. Selain itu, Bung Karno memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Ia pun diangkat sebagai President RI pertama.

Setelah pengakuan kedaulatan hasil KMB(konferensi Meja Bundar), maka pada tahun 1949 Bung Karno dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS). Kemudian pada tahun 1950 dilantik menjadi Presiden Negara Kesatuan RI. Pada tanggal 5 Juli 1959, Bung Karno mengeluarkan Dekrit Presiden tentang kembalinya RI ke undang-undang dasar 1945. Bung Karno wafat tanggal 21 Juni 1970 dan jenazah beliau dimakamkan di Kota Blitar.

Nah itu sekilas tentang sejarah presiden pertama kita,di ingat ya jasa-jasa beliau yang sudah memberikan kemerdekaan Negara kita tercinta Indonesia dan pejuang-pejuang yang membela sampai titik darah penghabisan.

0 komentar:

Posting Komentar